free log

Tips Untuk Daun Pintu Kayu Yang Bengkok

Mencegah Pintu Kayu Jati Yang Berbunyi
Pintu Kayu Jakarta Dengan Nuansa Klasik Atau Modern

Tips Untuk Daun Pintu Kayu Yang Bengkok

daun pintu kayuPernahkah daun pintu kayu Anda bengkok atau sulit dibuka dan tutup? Pembengkokan daun pintu kayu juga disebabkan oleh cuaca dan kelembaban lingkungan. Bentuk daun pintu kayu menjadi lebih besar atau mengecil dan tidak sesuai lagi dengan bentuk kusennya. Maka pada saat anda memesan pintu pastikan bahwa bahan kayunya sudah mengalami proses oven sehingga tidak akan terjadi pembengkokan dengan masa yang panjang. Berikut ini adalah tips jika daun pintu kayu Anda membengkok:

1. Memilih pintu kayu solid
Kalau Anda ingin mendapatkan kayu yang kuat dan tahan dari pembengkokan maka pilihlah pintu kayu solid. Pintu kayu solid bisa tahan terhadap suhu dan cuaca apapun. Pada musim dingin ataupun panas, pintu kayu solid lebih awet dan tidak terjadi pengembangan di sisinya. Sebaiknya pilih juga kusen pintu yang terbuat dari kayu solit agar sama-sama kuat. Anda dapat meminta langsung kepada pabrik pintu kayu untuk meminta kayu solid yang paling awet. Kekuatan kayu solid ini membuat pintu kayu tidak bisa membelok sehingga Anda tidak perlu repot memperbaiki setiap musim.

Pesan Daun Pintu Kayu

Hubungi 08125995192 / 085958977019

 

2. Menutup pori-pori pada kayu
Saat Anda membeli daun pintu kayu murah, Anda mungkin akan menemui banyaknya pori-pori kayu yang terlihat. Jangan sepelekan masalah pori-pori kayu karena ini bisa menyebabkan udara dan kelembaban masuk ke dalamnya. Melalui pori-pori inilah terjadi pembengkokan pada daun pintu sehingga pintu menjadi sulit untuk dibuka dan ditutup. Sebaiknya segera tutup pori-pori pintu kayu Anda dengan cat. Agar lebih awet gunakanlah cat khusus anti air yang memiliki warna alami. Lapisan anti air ini bisa menyumbat pori-pori kayu sehingga tidak menyebabkan kayu memuai dan menyusut terutama untuk model pintu kayu kamar mandi yang berada di ruang lembab.

3. Memilih kayu yang kering
Meski Anda memilih daun pintu kayu jati belum tentu Anda aman dari pembengkokan pintu. Meski pintu kayu jati terkenal kuat tapi jika kondisi kayu tersebut tidak tepat maka sama saja seperti kayu jenis lainnya. Pintu kayu yang bagus adalah pintu kayu yang sudah kering atau tidak basah lagi. Cara pembuatan pintu kayu ada yang dikeringkan dengan dijemur biasa tapi ada juga yang dikeringkan dengan oven khusus. Pilihlah pintu kayu yang dikeringkan dengan oven khusus karena pengeringan dengan oven jauh lebih efektif. Tidak ada lagi sisa kelembaban yang tertinggal di dalam kayu. Meski dari luar kayu tampak kering tapi bagian dalamnya belum tentu sepenuhnya kering. Kayu dengan kekeringan yang pas tidak akan mudah menyerap lembab sehingga tidak mudah rusak dan membengkok.

4. Meletakkan pintu di tempat yang terkena cahaya
Letakkan pintu pada bagian yang sering terkena cahaya matahari. Anda tidak harus melepas pasang pintu karena terlalu merepotkan. Cara mudah lainnya adalah memberikan ventilasi dan penerangan yang cukup di rumah Anda. Penerangan yang cukup memungkinkan pintu terkena cahaya matahari sehingga bisa terjemur dengan sendirinya tanpa dilepas. Pintu yang sering terkena sinar matahari bisa lebih awet dan kuat.

5. Memilih pintu yang dilapisi veener
Anda dapat langsung memilih daun pintu kayu minimalis yang sudah dilapisi oleh veener. Lapisan ini memberikan perlindungan untuk daun pintu kayu jati minimalis. Meski saat ini model pintu tidak sepenuhnya terbuat dari kayu, ada juga pintu yang dimodifikasi dengan cermin. Untuk pintu kayu bercermin maka bagian yang diberi veener hanya pada bagian kayu saja. Pemilihan pintu yang sudah dilapisi veener memudahkan Anda untuk tidak perlu melapisinya sendiri, maka serahkan saja kepada ahlinya yaitu kami pintujh.com.