free log

Cara Memasang Pintu Kayu

Mencegah Pintu Kayu Jati Yang Berbunyi

Cara Memasang Pintu Kayu

cara memasang pintu kayuMembuat pintu kayu sendiri bisa memberikan kebanggan karena membuat pintu bukanlah pekerjaan mudah. Selain membuat pintu, proses pemasangan pintu juga sama tidak mudahnya. Apalagi pemasangan pintu kayu yang ukurannya besar. Meski berukuran kecil pun, pemasangan pintu kayu tetap tidak mudah. Anda harus menyesuaikan berat dan ukuran pintu agar bisa masuk ke kusen dengan pas. Maka dari itu anda membutuhkan CV Jantung Hati pintujh.com untuk bisa memberi ukuran presisi serta harga yang cocok di setiap pemesanan anda.

Cara memasang pintu kayu yang benar adalah:

1. Mengetahui terlebih dahulu ukuran rong kusen serta ukuran ketebalan pintu
2. Mengetahui bahan kayu yang digunakan sebagai kusen dan pintunya
3. Mengukur ketinggian posisi engsel untuk mengaitkan pintu kedalam kusen
4. Mulai mencocokkan posisi penempatan engsel dari kusen kepada pintu yang akan dipasang
5. Memasang engsel pada pintu berdasarkan ukuran yang telah ditentukan
6. Mulai mengebor dari posisi engsel kepada kusen sedang pintu dalam keadaan diterapkan disisinya
7. Memasang pintu yang sudah dipasang engsel kepada kusen
8. Merapikan kotoran-kotoran dari hasil mengebor rumah untuk baut engsel di kusen dan juga pintu
9. Memeriksa kelurusan / ketepatan dari batasan atas dan bawah pintu agar pas menurut lantai

Menghitung ukuran kusen
Hal paling pertama yang harus dilakukan adalah mengukur ukuran kusen rumah Anda. Pada saat membuat pintu Anda pasti sudah mengukur dan menyesuaikannya dengan kusen. Namun, sering kali terjadi kesalahan ukur meski hanya sedikit, membuat pintu tidak bisa pas di kusen. Padahal pintu yang tidak masuk kusen bisa terlihat renggang atau malah tidak bisa dipasang. Anda dapat mencoba meletakkan daun pintu kayu di lubang kusen dan tambahkan juga engsel pintu. Jika ukuran sudah pas maka Anda bisa langsung memasangnya dengan engsel. Tapi kalau ternyata kelebihan Anda harus memotong lagi daun pintu agar bisa masuk.

Perhatikan jenis kayu yang digunakan
Jenis kayu yang digunakan bisa mempengaruhi cara pemasangan. Misalnya kayu jati yang sifatnya lebih berat dan kuat maka pemasangannya harus menggunakan kusen dari kayu jati juga yang kuat. Berat pintu kayu jati utuh hanya bisa ditanggung oleh kusen dari kayu jati yang kuat juga. Jika Anda ingin mencoba kombinasi kusen aluminium dan pintu kayu maka sebaiknya pilih jenis kayu yang lebih ringan. Jika kekuatan daun pintu dengan kusen pintu tidak seimbang maka sering terjadi kusen pintu yang retak dan mengikis sebagian tembok di sekitarnya. Selain itu pilih juga engsel yang sesuai. Biasanya untuk pintu satu daun cukup menggunakan dua engsel di satu sisinya.

Pesan Pintu Kayu

Hubungi 08125995192 / 085958977019

Tentukan arah bukaan pintu
Anda juga perlu untuk menentukan kemana arah pintu akan dibuka. Arah pintu dibuka ini akan mempengaruhi proses pemasangannya. Anda sebaiknya melihat bagian mana yang lebih luas dari ruangan Anda. Jika salah satu sisi ruangan lebih luas dari ruangan lain, maka sebaiknya pintu terbuka mengarah ke ruangan yang lebih luas. Penentuan arah bertujuan agar pintu bisa lebih mudah dibuka tanpa terjadi halangan. Apalagi pintu kayu yang biasanya lebih berat karena kegunaan pintu kayu yang memang untuk keamanan dan sulit didobrak. Jika pintu tersebut sudah berat maka sebaiknya diarahkan ke ruangan yang tidak memiliki penghalan di belakang pintu.

Lakukan pemasangan engsel dengan kusen
Tahap terakhir adalah pemasangan engsel dengan kusen dan daun pintu. Pada bagian ini, kesesuaian ukuran kusen dan daun pintu saat proses pembuatan pintu kayu harus sudah pas. Anda dapat memasang engsel terlebih dahulu ke daun pintu agar lebih mudah. Atau sebelumnya, lakukan pengukuran pintu dan kusen dan perkirakan Anda akan meletakkan engsel pada kusen dan pintu. Lalu berikan tanda untuk mempermudah proses pelubangan. Lubangi bagian kusen yang akan diberi engsel, lakukan juga pada pintu. Pasang dulu engsel ke pintu dengan benar, lalu berdirikan pintu baru sambungkan engsel dengan kusen. Sebaiknya posisi engsel kusen dan pintu sejajar agar letak pintu bisa pas. Pastika kusen terpasang dengan kuat agar tidak mudah terlepas dan rusak. Jika Anda tidak yakin dengan cara pemasangannya, Anda bisa menggunakan jasa pasang pintu. Namun, Anda harus mengeluarkan uang untuk harga pasang pintu kayu yang relatif murah.